Senin, 10 Juni 2013

Merawat Hamster


A.    Memberi Pakan dan Minum
a.     Pakan utama
Pakan utama untuk hamster biasanya berbentuk biji-bijian sepertikacang hijau, kacang  kedelai, beras merah, kuaci dan masih banyak lagi ganti pakan sehari sekali karena hamster tidak akan memakan makanan yang sudah lama. untuk lebih detailnya cek postingan tentang"Makanan
"Hamster" Beserta manfaatnya"
             b.     Minum
Pastikan air yang di gunakan benar-benar air matang yang terhindar dari kimia, selalu pastikan tabung air minu/wadah air minum selalu terisi jangan smpai kosong.


B.     Pemberian Vitamin
  Pemberian vitamin untuk hamster bertujuan sebagai pelengkap dari makanan pokok dan agarkondisi hamster selalu prima biasanya bentuk vitamin ini adalh vitamin tetes yang di teteskan pada minuman si hamster.
C.     Memandikan Hamster
Hamster mandi tidak seperti hewan kebanyakan, kita harus memandikannya dengan pasir khusus yaitu bathing sand, bathing sand adalah pasir khusus untuk hamster mandi karena dipasir tersebut terdapat wewangian agar hamster selalu bersih.JAngan memandikan hamster dengan air terlalu beresiko. Untuk lebih detailnya cek di postingan tentang "Cara Memandikan Hamster"
D.    Membersihkan Perlengkapan Pemeliharaan
Dilakukan 3 hari sekali, dengan air dan sabun, jangan sekali-sekali tidak membersihkan sisa sabun dari perlengkapan Hamster karena sangat berbahaya untuk hamster.
a.     Kandang
Bersihkan kandang 3 hari sekali. Gunakan sabun atau pembersih kandang khusus untuk mencuci kandangnya kemudian keringkan menggunakan lap bersih.
b.     Alas kandang(Serbuk kayu/Pasir zeolit)
Ganti alas kandang 3 Hari Sekali, kemudian ganti dengan alas kandang yang baru, bagi hamster yang hamil atau sudah melahirkan gunakanlah alas kandang dengan serbuk kayu dan jangn diganti hingga 1 bulan.
c.     Tempat makan dan minum
Bersihkan tempat makan dan minum 3 hari sekali jangan sampai ada sisa sabun yang ada jika ada sisa sabun dapat membahayakan si hamster dan keringkan hingga benar-benar kering karena hamster tidak mau memakan makanan yang berair.
d.     Tempat mandi
Tempat mandi di bersihkan 3 hari sekali, dan ganti dengan pasir zeolit yang baru.
e.     Mainan
Mainan hamter juga perlu di bersihkan 3 hari sekali.
Hahaha setelah anda melakukan ini anda sudah tergolong menjadi orang yang bertanggung jawab atas hewan peliharaannya.
Sekian dari saya ^_^ Happy Peting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar